Senin, 14 Januari 2013

Ekonomi Kota Bharu

Kota Bharu dilayani oleh Sultan Ismail Petra Airport.

The Rakyat Lebuhraya, atau Expressway Rakyat, adalah tol yang direncanakan yang menghubungkan Kota Bharu Kelantan ke kota Kuala Krai.

Tujuan belanja paling terkenal di Kota Bharu adalah Pasar Siti Khadijah (Kota Bharu Central Market). Sebagian besar penjual adalah perempuan. Selanjutnya Central Market adalah pembangunan hampir selesai dari Kota Bharu Trade Center (KBTC), yang dianggap sebagai salah satu mal terbesar di Kota Bharu. KBTC ini dibuka pada bulan Agustus 2009, dengan Parkson sebagai anchor tenant untuk mal. The Pasar Siti Khadijah dan KBTC dihubungkan oleh sebuah jembatan di lantai dua.

Pusat perbelanjaan lainnya di Kota Bharu adalah Mall KB, Mall Pelangi, Kota Seri Mutiara, Pantai Timur, Store dan Nirwana baru Maju (di Bandar Baru Kubang Kerian). Sebuah baru Tesco hypermarket dibuka pada tahun 2008. Saat ini, sebagian besar daerah perbelanjaan pusat kota Kota Bharu ini sedang mengalami rekonstruksi besar di whichseveral bertingkat pusat perbelanjaan berada di tahap awal mereka konstruksi. Pada bulan Maret 2010, Mall MYDIN di Bandar Baru Kubang Kerian dibuka. The Hypermarket raksasa juga akan membuka di Bandar Baru Tunjong. Modal awal 2013, 3 pusat perbelanjaan lebih akan berlangsung di Kota Bharu diantaranya Desa mal, Tunjong Pavilion dan MYDIN Hypermarket.

Surfing yang kuat mengancam semua pantai utama di sekitar Kota Bharu dengan erosi substansial. Masyarakat telah melaksanakan pemutus gelombang dengan cara menumpuk sejumlah besar batu dalam upaya untuk melindungi garis pantai. Kegiatan pantai rutin telah menjadi mustahil sebagai pantai sering pengunjung lebih jauh ke selatan. Dalam hal pariwisata, pantai paling terkenal di Kota Bharu adalah Pantai Cahaya Bulan.

Diving di Kota Bharu adalah kegiatan yang relatif baru. Saat ini, hanya satu toko menyelam beroperasi di daerah. Perjalanan ke bangkai kapal dari Angkatan Laut Kekaisaran Jepang Awazisan Maru (dikenal secara lokal sebagai "Wreck Invasi Jepang") adalah salah satu situs yang ditawarkan. Ini transportasi kapal Jepang adalah kapal pertama tenggelam dalam Perang Pasifik. Kecelakaan adalah perahu 30 menit perjalanan dari dermaga yang 10 menit di luar Kota Bharu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar